Sukseskan Pemilu 2024, Pemko Batam Fasilitasi Jaringan Internet 46 Titik TPS di Hinterland

BATAM – Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Batam menyelenggarakan rapat bersama KPU, Camat, Lurah, dan beberapa Operator Seluler (Telkomsel, XL, dan Indosat) untuk membahas ketersediaan akses jaringan internet di lokasi TPS pada Pemilu 2024.

Rapat ini dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batam, Rudi Panjaitan di Ruang Rapat Dinas Kominfo Gedung Kantor Walikota Lantai 7, Kamis (11/1/2024).

Pemerintahan Kota (Pemko) Batam melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batam akan memfasilitasi ketersediaan internet dan langkah langkah antisipatif jaringan internet pada 46 titik TPS di wilayah Hinterland yang masuk dalam kategori blank spot area. Adapun wilayah yang termasuk dalam kategori tersebut adalah Kecamatan Galang, Belakang Padang, dan Bulang, serta beberapa kelurahan di Kecamatan Nongsa.

Dalam pertemuan tersebut, Diskominfo Batam memastikan kesiapan ISP (Internet Service Provider) pada kecamatan dan kelurahan yang ada di wilayah Hinterland.

“Diharapkan dengan fasilitas yang diberikan, hal-hal teknis yang membutuhkan penanganan khusus dapat diambil langkah-langkah antisipatif sesuai dengan instansi terkait”, kata Rudi.

Upaya yang dilakukan oleh Diskominfo Batam merupakan arahan langsung dari Walikota Batam, H. Muhammad Rudi dengan tujuan untuk mensukseskan seluruh tahapan penyelenggaran Pemilu 2024, termasuk dalam memastikan ketersediaan jaringan internet dan fasilitas lainnya yang dibutuhkan oleh penyelenggara.

Layanan jaringan internet sangat berperan penting dalam keberlangsungan tahapan Pemilu 2024. Sejauh ini Pemerintah Pusat sudah menyediakan 40 titik jaringan internet berupa Hotspot untuk mendukung pelaksanaan Pemilu 2024.

“Solusi jangkauan internet untuk Pesta Demokrasi/Pemilu sangat Urgensi, sehingga harus segera diatasi untuk ketersediaan fasilitas pendukung pemilu”, tutup Rudi.(MCKB/JNK/)